besti69
besti69
besti69
besti69

Ratusan Jemaah Haji Sumbar yang sudah menunaikan iurannya belum pasti berangkat tahun ini

Padang, Batam News – Padahal saya membayar biaya keberangkatan secara penuh, total 135 calon jamaah asal Sumatera Barat (Sumbar) ragu berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1444 H/2023 M.

Tahun ini Sumbar mendapatkan kuota haji sebanyak 4.613 jemaah. Namun, nilainya calon hajiI yang membayar iuran mencapai 4.748 orang, sehingga terjadi selisih 135 orang.

Baca Juga: Tiga Jamaah Haji dari Bintan Gagal Berangkat: Satu Meninggal dan Dua Gagal Penuhi Syarat

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sumbar, Ramza Husmen menjelaskan, 135 jemaah yang diharapkan sudah termasuk dalam kuota cadangan.

“Kami mengusahakan calon jemaah haji yang sudah membayar iuran tapi masuk kuota cadangan ini masih bisa berangkat tahun ini,” kata Ramza seperti dikutip Infosumbar, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Bupati Aunur Rafiq Lepas Pencopotan Calon Jemaah Haji Karimun Tanah Suci

Embarkasi Padang akan melakukan pemberangkatan sebanyak 17 kloter, dimana 14 diantaranya merupakan jemaah haji asal Sumbar dan sisanya jemaah haji asal Bengkulu.

“Setiap rombongan terdiri dari 388 jemaah yang akan berangkat ke Arab Saudi, kecuali rombongan terakhir yang hanya beranggotakan 41 orang,” imbuhnya.

Baca juga: Buruh Padang Rencana Izin Naik Haji Malah Dapat Surat Pemecatan

Pada angkatan terakhir, peziarah dari embarkasi lain akan dikonsolidasikan agar jumlahnya tetap sama dengan batch sebelumnya.

“Kami berharap dengan usaha dan doa, 135 jemaah Sumbar yang masuk kuota cadangan bisa berangkat pada penerbangan terakhir. Kami usahakan dengan tekun,” pungkasnya.